Wednesday, December 26, 2012

The Best Part of My Journey

post ini sebenernya udh pernah gw ketik tapi cuma kesimpen di Draft. berhubung gw baru aja nonton 5cm, dan mumpung ini masih tahun 2012, jadi yaaa gw mau cerita tentang salah satu impian gw udh jadi kenyataann ya, guys...

ceritanya panjang...banget...

oke, semua ini berawal dari ajakan Abang gw yang emang hobi naik gunung. mungkin, ini ajakan agak terpaksa karna istri dari Abang gw engga mau ikut kalo gada temennya, kalo dia gada temennya otomatis Abang gw pun ga akan jadi berangkat wkwk maka dari itu gw lah pun yang diajak....dan tentunya gw sangat excited pas di whatsapp in Abang gw :-----D

setelah nyesuain jadwal gw, karna kebetulan tinggal gw doang yang masih ribet sama urusan sekolah, jadi yasudahlah, fix berangkat abis gw tes SNMPTN. Gunung Gede Pangrango....I'm coming!

Thank God It was Friday. 15 June 2012, dengan segala persiapan barang+fisik+mental gw pun berangkat dari siang ke rumah ka Tyas. sampe disana gw liat perlengkapan si Abang ternyata lebih bahkan emang banyak banget dibandingin gw yang cuma bawa 1 tas ransel.

sore menjelang maghrib gw dan ka Tyas pun melancong jemput Abang beserta teman2nya. gw ke gunung gak mungkin cuma ber3an juga sih ya... sampe dikantor Abang, kita (lebih tepatnya Abang gw dkk) packing terlebih dahulu. yap, packing di parkiran....
seperti itulah awal dari segala awal. packing klimaks nya gw ga sempet foto hahaha yang jelas lumayan lama packing di parkiran ini. ohiya gw mau mengenalkan satu2 temen Abang gw deh ya hahaha. yang paling kiri adalah kak Cumi, ini adeknya ka Ojan (yang disebelahnya yang lagi telfon), trus yang ditengah itu ka Yogi, trus ka Afit, dan yang paling pojok kanan adalah Abang gua. fyi, disini gw paling muda. mereka semua kurang lebih 9 tahun diatas gw ._. wkwkwk ydh tepat setelah foto itu diambil, kita semua pun bersiap buat sholat isya dulu sebelum akhirnya caw ke ciawi!

perjalanan pun kita tempuh enggak begitu lama karna emang itu udh malem dan bukan long weekend. tempat pemberhentian pertama itu rest area yang sblm Sentul kalo ga salah. disitu kita jajan2 sedikit sama beli jas ujan, persiapan buat kalo2 aja ujan....tapi tetep, berharap dan berdoa supaya cuacanya bersahabat. pemberhentian kedua itu dirumah makan, entah rumah makan padang atau apa ya, yang jelas itu katanya punya temennya ka Yogi. dirumah makan itu udaranya udh dingin parah, dan gw masih gak kebayang kalo udh sampe di gunung itu udara nya bakal kayak apaan lagi..

gak sampe 30 menit dari rumah makan tadi, kita pun sampe di......di apa ya nama nya gw lupa. yang jelas itu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango blablabla lah au apaan. kalo ga salah itu udh jam11, dan udara nya udh dingin pake banget! (padahal gw masih didalem mobil dengan keadaan cuma kaca mobil dibuka dikit). dari jam11 itu gw disuru istirahat dulu soalnya bakal jalan besok pagi2 banget.

sekitar pukul jam 2 pagi, gw sama ka Tyas di bangunin buat siap2. wallahi itu gw masih inget banget kalo dinginnya udh dingin banget! ydh akhirnya gw pun memberanikan diri keluar mobil, berdiri, ngehirup udaranya, ngeliat ke langit dan...........perfect! itu langitnya indah pake banget. bintangnya keliatan banyak banget. dan kata Abang gw itu masih belom ada apa2nya dibanding nanti gw liat di puncak. oke, good, gw cuma bisa kedinginin sambil nyari sarung tangan, kupluk, dan syal.

sebelum akhirnya jalan, kita berdoa dulu. berdoa supaya perjalanan menuju puncak lancar, dan kita pun tetep selamat sampai akhirnya turun lagi ketempat itu, ketempat dimana kita berdoa saat itu. senter pun gw pegang, syal kupluk sarung tangan udh gw pake, dan tas ransel yang udh dikurang2in isinya pun udh gw pake.

10-15menit pertama gw masih bisa ketawa ketiwi sambil menikmati indahnya udara pada saat itu. sampai akhirnya tiba ditempat yang disebut pos, nafas gw udh susah diatur, gw pun udh keausan kayak apaan tau. untung aja ditempat itu agak lumayan lama soalnya minta izin gitu buat mendaki jam segitu. fyi, dari pos inilah jalananya makin nanjak..

setelah beberapa menit kita pun sampe di pos 1. bukan pos 1 sih sbnrnya, tapi ya pokoknya pos pertama lah. disitu gw udh ngos2an. akhirnya kita semua duduk dulu, minum, dan ngatur nafas. ohiya, sebelum jalan, kakak2 itu semua bilang "kalo ada yang capek, bilang!"
oke, dipos ini lah saat dimana beban gw menjadi sangat amat berkurang, lebih tepatnya gw dan ka Tyas, karena tas ransel gw dibawain sama ka Cumi dan tas ransel ka Tyas dibawain sama ka Ojan. sungguh sangat teramat baiknya mereka. mau menjadi porter dadakan untuk kami berdua yang emang gak bawa apa2 aja udh ngos2an.. lo bayangin aja dong itu mereka udh sengaja gak bawa caril supaya lebih enteng eh malah jadi bawa tas ransel depan belakang huehehehe peace ya kakak kakak :p

tempat pemberhentian berikutnya adalah pos 1 beneran. gw sampe disini mungkin sekitar jam3an. disini kita ketemu sama pendaki lainnya yang udh duluan buka tenda. disini gw gak begitu lama, pokoknya cuma menuhin air dalem botol, tidur sebentar, dan sarapan. demi apapun makan indomei di gunung itu tingkat kenikmatannya naik 1000% persen! gilaaa! itutuh enaknya udh pake banget lah pokoknya. abis sarapan kita pun melanjutkan perjalanan. ohya, di pos 1 ini lah ada nya 2 jalur yang memisahkan kalo2 lo mau naik gunung atau cuma mau ke air terjun. katanya sih air terjun disini juga keren, cuma gw gak sempet ke air terjun soalnya pas itu emang masih gelap banget.

pagi pun tiba, gw mulai bisa melihat betapa jelasnya itu hutan, melihat indahnya matahari yang muncul dari sela2 dedaunan dan pepohonan. mungkin selama perjalan cuma gw yang paling sering bilang "bang capek.. bang aus.. bang ngantuk.."sampai pada akhirnya Abang gw dan teman2nya  menyadari akan hal muka gw pucet kepingin tidur. alhasil karna mereka enggak tega ngeliat gw, jadilah itu gw tidur di pinggiran jalan setapak dihutan.
ini dia foto fenomenal yang gw punya hahaha mungkin gw tidur cuma 10menitan, tapi itu gw berasa tidur dikasur. gw berasa tidur lebih dari 1jam. setelah itu pun gw bangun dan kembali segar :'D akakakakak.

perjalanan pun dilanjutkan menuju Kandang Badak. perjalanan yang cukup panjang, bahkan emang panjang. gw ngelewatin banyak banget tempat. dari mulai hutan2 nyeremin, sampe air terjun air panas yang indah banget tapi nyeremin. coba aja lo bayangin, itu air terjun air nya panas, cuma ada satu jalan buat melanjutkan perjalanan ya dengan ngelewatin itu air terjun dan disatu sisi lainnya itu udh jurang...kita cuma berpegangan sama tali disepanjang jalan setapak, berpegangan sama orang didepan, dan perpegangan sama kaki yang harus nahan banget tubuh kita supaya tetep seimbang.

dan setelah ngelewatin itu semua, tiba pula di Kandang Badak. konon katanya disini dulu emang beneran jadi kandangnya Badak. disinilah untuk pertama kalinya gw pipis dihutan. buat lo semua yang beser, mungkin dihutan lah beser lo mungkin bisa ilang sesaat karna dihutan harus banget hati2 buat pipis. di Kandang Badak kita istirahat lumayan lama, bobociang gitu, terus abis itu makan siang deh. kata Abang gw dan temen2nya, baru kali itu mereka naik gunung perbekalannya sedap2, karna makan siang aja pake sosis+nugget. biasanya kalo anak gunung beneran paling enak ya cuma makan mie wkwkwk! tapi asli, sekali lagi, segala makanan yang dimakan saat di gunung itu tingkat kelezatannya naik broh.. ohya, baru pertama kalinya juga gw minum air kali, lebih tepatnya air gunung yang ngalir disebuah kali di Kandang Badak. tanpa mikir panjang, langsung aja lah itu air gw minum, dan ternyata....enak kok! rasanya dingin2 menyegarkan gitu lah pokoknya ahahahaha au dah ada binatang apanya goyang2 didalem air wkwk.

katanya sih kalo dari Kandang Badak ini udh deket.. au deh deket kemana. deketnya Abang dkk emang gak sedeket rumah ke cibubur junction pake jalan kaki kali ya huftttttt! sampai pada akhirnya kita tiba di pertigaan Tanjakan Setan. tapi, Abang dkk ga bakal mungkin mau ngajak gw dan ka Tyas melewati Tanjakan Setan tersebut dan akhirnya kita pun melewati Jalan Ayam kalo kata ka Afit hahaha. Jalan Ayam itu jalan pintas buat ke puncak juga selain Tanjakan Setan, jalanannya sempit, bener2 jalanan kayak buat ayam.

itulah dia Bukit Penyesalan. entah kenapa dinamain Bukit Penyesalan. tapi yang jelas, yang katanya 30menit aja bakalan sampe diPuncak, tapi buat kita 30menit itu harus dikalikan 4. yap, kurang lebih 2jam gw mendaki Bukit Penyesalan dengan segala macam perasaan capek, aus, laper, ngantuk, tapi tetep penasaran sama wujud dari Puncak gunung tuh kayak apa!!!

langit yang tadinya agak2 terik tapi udaranya tetep dingin pun makin lama makin berubah menuju gelap. kita pun mau ga mau harus berjalan soalnya ga mau kalau sampe malem tapi belum sampe diPuncak.

detik2 menuju Puncak pun makin keliatan. keindahan yang bakal gw rasain pun semakin keliatan dari sela2 pepohonan disekeliling gw. sampai akhirnya ka Afit dan ka Ojan yang jalan duluan bilang,
"kita udh diatas awan bro.."
gw semakin gak sabar aja buat liat, apa bener gw ada diatas awan?
well, itu lah jawabannya :))) coba liat kebelakang gw. background foto terindah yang pernah gw punya. itu awan lho, lautan awan dibelakang gw, dibawah gw, dan itu gw. hahaha makin gak percaya kalo gw pernah ada disitu.

beberapa menit kita jalan. harapan palsu 30menit bakalan sampe pun terbalaskan dengan liat pemandangan yang gak bakal bisa gw deskripsiin.....sampe juga akhirnya gw di Puncak Gunung Gede. sebenernya ini masih belum puncak, karna puncak masih harus ditempuh beberapa menit lagi. tapi, disinilah gw udh ngerasa gw udh diatas banget, diatas Puncak Gunung....yang indah banget!
 tanggal 16 bulan Juni tahun 2012, gw Astrid Annisa, 18 tahun, telah menginjakan kaki di puncak Gunung Gede Pangrango.

setelah mengabadikan moment yang bener2 precious abis, trus ngeliat sunset, trus ngeliat kebawah bahwa disitu ada kawah yang indahnya pake bangetttttttt! kita pun, enggak kita sih, pokoknya kecuali gw sama ka Tyas ya pada mendirikan tenda.

2tenda didirikan. jaraknya gak deketan soalnya emang nyari tempat seadanya aja. pas baru sampe, emang dinginnya masih normal, tapi makin malem dinginnya makin enggak normal. gw itu udh dobel berapa jaket masih aja kedinginan. apalagi pas tidur.....gw tidur paling pojok dengan kondisi itu tenda yang Abang gw diriin ternyata nyisa cela tepat banget ditempat gw tidur.

tengah malem gw sempet kebangun gara2 kedinginan, dan pas gw bangun itu gw denger suara kaya ombak, tapi itu bukan ombak melainkan suara angin. bisa dibayangkan kan betapa dinginnya saat itu :"""")

keesokan paginya gw pun bangun dengan rasa2 kedinginan parah dan keausan parah. rencana awal kita semua pengen turun ke Surken (Surya Kencana), tapi itu hanyalah niat. ga bakalan kuat gw kalo sampe ke Surken. jadinya kita cuma jalan ke Puncak, ini baru beneran puncaknya...dan ngeliat Surken.

perjalanan menuju puncaknya emang gak jauh, tapi kadar oksigennya emang makin dikit. jadi yaaaa gw yang emang kelaperan dan keausan dan juga kedinginan gak semangat banget buat jalan. tapi, sesampainya diPuncak, gak rugi! subhanaallah banget..... bener2 gak bisa dideskripsiin kalo bukan lo sendiri yang ngeliat. indah, bener2 indah.

diPuncak lumayan lama, selain nikmatin indahnya alam, ngeliatin Surken dan keramaian Surken, ngeliatin kawah dan kita pun sempet2nya beli nasi uduuuuuuk! yeiiiiy. buat lo semua yang gak bisa kalo ga sarapan sama nasi uduk, tenang aja, digunung bahkan diPuncak gunung pun masih ada kok tukang jual nasi uduk hahahaha

turun dari Puncak muka gw pun bahagia, soalnya udh ngantongin nasi uduk. sampe ditenda kita semua pun makan nasi uduk plus goreng sosis. walau minumnya harus irit2 gw pun gak banyak ngeluh kelaperan atau keausan pas perjalanan turun kok.

jam9an tenda udh dirapihin, dan kita pun udh siap2 buat turun :-)
Selamat Tinggal Puncak Gunung Gede...
someday I'll be back here!

perjalanan turun gw akuin lebih singkat. mungkin karna banyak faktor, faktor udh kesenengan karna abis dari Puncak, faktor karna jalanannya udh tinggal turunan alias gak nanjak, atau faktor karna udh gak sabar sampe bawah dan pulang kerumah!!! ahahahaha

selama perjalanan turun, ka Yogi sama ka Afit udh duluan ke Kandang Badak, gw sama ka Ojan di depan dan Anjar ka Tyas dibelakang gw dan dipaling belakang ada ka Cumi. tetep lho perjalanan pulang gw gak bawa ransel, tapi tetep gw bawa tas kamera kok hehehe. selama perjalanan pulang ini asiknya bener2 kerasa. gw diajak ka Ojan ngelewatin jalan2 motong yang emang bukan cuma katanya tapi kenyataannya lebih ekstrim. katanya shortcut ini emang jauh lebih singkat dibanding jalan utama, tapi, ya giduuuuw, harus manjat2 gelantungan berasa onyet hahahaha tapi asli itutu seru abis. tiap kali ada shortcut pasti ka Ojan nawarin "lewat sini gak nih?" langsung aja gw iya-in sok berani ahahaha, kata ka Ojan digunung itu lo gak bakal mungkin kesasar apalagi di gunung yang orang sering daki, karna disitu pasti udh banyak jalur2 yang kebuka walau emang kadang ada jalur2 yang ketutup sama batang2 pohon yang tumbang.

yaudalah intinya pas turun itu jauh lebih seru. dan kita istirahat 2x, yang pertama di Kandang Badak dan yang kedua di pos 1. selama perjalanan turun apalagi pas dari pos 1 ke pos awal izin itu, kaki gw rasanya udh kayak pengen copot!!! kalo aja ada jasa gendong disitu rasanya pengen banget gw ngegunain jasa itu. sekitar jam5an akhirnya gw, ka Yogi, dan ka Cumi sampe di pos tempat izin dan berkumpul bersama ka Ojan dan ka Afit yang udh lebih dulu sampe. beberapa belas menit setelah itu akhirnya Abang gw dan ka Tyas pun muncul, lalu abis itu kita caw ke parkiran, daaaaaaaaaaaan pulang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

yap, 16jam naik gunung+9jam turun gunung gw lewati 15-17 Juni 2012 kmrn.well, IT WAS REALLY REALLY REALLY REALLY AMAZZZZZZZZZZZZZING!
it was precious, priceless, and unforgettable lah pokoknya!