Sunday, December 29, 2013

PULANG KAMPUNG!

holaaaa! ternyata udh lama juga ya gw gak menuangkan cerita-ku, perjalanan hidup-ku, disini. hahaha well, sebelum 2013 nya abis gw mau cerita tentang pulang kampung 2013 gw kemariiiiin. bener2 baru kemarin nih!

oke, sebenernya ini adalah pulang kampung gw yang baru ke-dua kali nya.
gw gak pernah yang namanya lebaran dikampung gw yang satu ini. soalnya ini kampung bokap, dan kebetulan kampung nyokap di Jakarta dan selalu lah ya lebarannya di Jakarta ajah.
dan selalu juga, gw pulang kampung disaat natal. asli, gw gak natalan kok! hak hak

rencana pulang kampung udh direncanain dari bulan September, dan sampailah kita dihari yang sangat ditunggu2!!! 20 Desember, hari jumat. jumat di satu minggu yang emang penuh dengan godaan, bener2 itu minggu nyempil banget. kampus gw emang terkenal dengan liburan2 kaget alias jatah GSLC alias offclass, minggu kedua Desember pun gw menikmati liburan itu dan sungguh sangat amat teramat tidak sabar menyambut 20 Desemberrrr..

JumatSibuk! bener2 bangun dikejar packing. selalu packing mepet2 berasa jago. jago sih, ada yang jago packing maksudnya. dari bangun tidur udh beres2, packing buat diri sendiri dan agak2 sore packing buat mamahpapah (maklum, orangtua kalo berpergian suka mindahin lemari ke koper).
pesawat jam1.20, niatnya berangkat jam10 dari rumah. cuma.....kita semua berpikir. Jakarta hari gini jangan main2. Cibubur-Cengkareng gak sedeket itu saudara2!
yaudah, akhirnya jam7an bokap baru pulang, makan malem dulu, baru abis itu berangkat. yaa sekitar jam8 dari rumah, dan sampe Airport jam10. yap, itu masuk dalam kategori lancar walaupun hujan dan terciptalah 2jam perjalanan diseteri kakak perempuan-ku yang udh kenyang menikmati kemacetan Jakarta..

nunggu di Airport sekitar 2-3jam kali ya, dengan waktu 1jam dihabiskan cuma dengan duduk, buka Path, dan bales2an comment sama kakak gw dan kakak ipar gw. bener2 yah, sejam cuma buat Path :')

jam1.20 naik ke pesawat. dengan segala harapan bakalan duduk dan langsung tidur dengan ditemani Jack Johnson - Better Together, tapi ternyata penyakit gw kalo malem masi keikut. gw seger buger cuy! yaudah, akhirnya gw pun cuma sok2an baca majalah yang ada didepan gw dan yaudah paling cuma tidur 1jam atau kurang entahlah. bangun2 dapet sarapan, dan ngeliat keluar udh mulai rada cerah. btw gw belum bilang ya daritadi gw pulang kampung kemana?? TERNATE - MALUKU UTARA, yeiy! that was my destination, my hometown! perbedaan waktu Jakarta-Ternate itu 2jam dengan Ternate lebih dulu. jadiii, gw berangkat jam1.20 waktu Jakarta, sampe Ternate jam7.20 waktu Ternate, yang artinya masih 5.20 waktu Jakarta.

sampe Bandara Sultah Baabulah, takjub. bandara pada tahun 2009 (pertama kalinya gw kesini) masih mirip sama terminal Kampung Rambutan, sekarang udh cakeup. ya walaupun masih jauh lebih bagus bandara Makassar, yaa tetep kok bagus, apalagi pemandangannya! gunung+laut bagaikan paket disana.

21 Desember, hari pertama cuma full di Ternate, tepatnya di Siko. rumah nenek dan kebanyakan saudara disana. sampe rumah nenek kangen2an. nenekku sudah semakin tua dan harus sering2 bilang kalo aku adalah Astrid:'(

2009-2013 ternyata sudah terjadi banyak perubahan dari saudara2ku. dari yang namanya Dilla, dulu sangat feminim skrg tomboy sekali sampe2 gw lupa ini orang tahun lalu gw ketemu gaksih?! terus saudara2ku yang laki2 pun sudah pada tumbuh dewasa, tingginya ngalahin gw, padahal 2009 kesini masih pada main dibelakang rumah nenek macem bolang.
ada juga anak dari sepupu gw, namanya Suci, wujudnya mirip banget sama gw broh!

oke lanjut, dari rumah nenek gw ke rumah papa muda gw yang berada di atas laut (bener2 di atas laut nih cuy)! dulu pas gw kesini rumahnya masih setengah jadi, sekarang udh jadi. enak banget. asli. terasnya langsung laut. gunung dimana2. pulau dari jauh dimana2. berharap banget teras Kranggan bisa berubah jadi begitu. disini lah makan siang pertama gw... makan nasi+ikan+kangkung. IKAN IS EVERYWHERE!! setiap menu makan dimana pun gw pasti disuguhinnya ikan. segala jenis ikan, segala jenis bumbu, dan segala jenis bentuk dan rasa. abis makan, nimbrung orang2 tua ngobrol abis itu menikmati pemandangan langka, abis itu bobok ciang!

lanjut aja ke esokannya, 22 Desember rencana ke Tidore! 15menit perjalanan menuju satu pulau yang bener2 tentram banget buat hidup. pulau dan laut nya bersih, masih sepi, tapi sinyal susah hahaha. rumah tante gw di Tidore satu ini pun udh jadi, waktu dulu gw kesitu masih setengah jadi juga. skrg udh ada balkon yang bener2 pemandangannya laut lepas. turun tangga dari dapurnya pun langsung pantai.
abis main2 di laut, foto2, basah2an, gw mandi dan langsung kelaperan dan gw makan 2x. pertama makan nasi kuning+ikan enak banget, dan yang kedua nasi putih+jenis ikan lainnya. dan gak lupa, pisang goreng ala Ternate. pisang goreng is also everywhere!!! gw sampe enek sama pisang goreng skrg gara2 udh overload banget ini perut keisi pisang HAHA.
satu malam ini gw di Tidore. jam5 diajak tante gw buat keliling pulau Tidore. gw ke tempat airpanas gitu (tapi gw gak liat karna gw kelamaan pipis dan ternyata hujan keburu turun) jadi alhasil cuma neduh di gazebo dan abis itu pulang. diperjalanan pulang tante gw nawarin Terang Bulan. jujur sih gw baru denger istilah ini yang katanya di Bandung pun udh pake nama ini. yap, MARTABAK! Terang bulan = Martabak. dan Martabak sana tidak sama dengan martabak sini. entah dikasi apaan ya itu martabak sana kok rasanya jauh lebih enak, dan gw gak enek makan sampe berapa potong. kalo kata kakak ipar gw yang doyan masak, itu martabak dikasi kayu manis makanya ENAK BANGET! pulang2, gw rasa gw makan lagi. pokoknya disana kerjaan gw cuma makan makan dan makan, main dilaut, foto2, dan tidur.

hari ketiga, 23 Desember dengan planning ke Jailolo. satu pulau yang jauh lebih terkenal duluan karna udh banyak artis2 yang kesana. walau bawa baju pas2an karna gatau kalau ternyata dari Tidore langsung ke Jailolo. jam5 waktu Tidore alias jam3 pagi waktu sini gw udh bangun cuy! udh mandi pake air dingin. udh sarapan pake nasi goreng nambah melulu+nasi kuning.
jam6 kita pun bersiap berangkat ke pelabuhan, di setirin gw cuy! akhirnya merasa nyetir dijalanan bagus (gak kayak Jakarta), gak ada istilah ngerem kecuali ada anjing lewat atau ada orang dipinggir jalan yang jalannya agak ketengah, pemandangan kanan gunung kiri laut, langit masih cerah2 indah2 bener2 gak pengen pulang rasanyaaaaaaa..

sampe di Pelabuhan Rum naik speedboat ke Pelabuhan Bastiong Ternate, naik oto (istilah angkot disana), oto disana gaul, soundsystem nya ngalahin mobil eug broh di Jakarta! hahak. dari Bastiong kita semua menuju Pelabuhan Dufa-dufa, dari situ naik speed selama 1jam menuju Jailolo.
jam9an gw udh sampe di Jailolo! tujuan pertama kerumah sudara (lagi), pokoknya disana serba sudara lah pokonya. sampe ditempat om gw, ketemu anak kecil kelas 2SD (cowok) yang tiba2 ngegandeng gw dan bener2 selama jalan kemana2 ngegandeng gw. baru kali itu kayaknya ada anak kecil yang mau deket sama gw. gw kan sama anak kecil aja sebel-_-
dari rumah si ayah anak kecil ini, gw kerumah tante nya (masih sudara juga), nah disini gw makan siang. makan siang tanpa ikan, alias gw ambil yang bukan ikan alias sate ayam. entah kenapa ya gw suka semua makanan yang ada disana. abis makan tiba2 sudara gw nawarin es kelapa, kelapa muda deng gak pake es. iyap, langsung aja loh dia ini beneran naik ke pohon kelapa yang ada dideket pintu samping rumahnya ini. nikmatin kelapa muda langsung. kalah deh yang di Anyer! hahahahahak.
abis dari sini baru jalan2nya...

karna gw cuma punya waktu kurang dari jam4 sore, karna kalo udh lebih dari jam segitu ombaknya udh gede. jadi, ayahku memutuskan untuk kepantai terdekat saja. yaudah, akhirnya kita diajak ke Tanjung Kenangan. satu Tanjung yang gak jauh dari pelabuhan, yang katanya dikasih nama Tanjung Kenangan itu dari Ariel NOAH. tempatnya bener2 menakjubkan. subhanaallah banget! subhanaallah buat di foto dan dimasukin instagram! tapi kalo untuk berlama2 disitu juga makasih, panas banget cuy... tapi gw sempet nyeburin kaki ke airnya, ENAK BANEEETTTTT! kalo aja gw bawa baju sih gw nyebur deh tuh, apalagi kalo bisa berenang HEHEHEHEHEHEHEHE satu2nya orang timur yang gak bisa berenang gw doang kali ye

pulang dari Jailolo gw diajak ke Mol nya Ternate, namanya Jatiland Mall. yaaa, lumayan lah nyobain mol nya Ternate.....

lanjut kehari berikutnya, 24 Desember. the last dayyy in there HUHUHU! planning hari ini cuma ketempat oleholeh, dan kerumah tante gw yang ada di Skep. beli oleholeh nya ternyata ga ribet kayak pas tahun lalu, skrg udh ada di Mol (dan bukan gw yang belanja sih. akika ga bebelian oleholeh cin!) hahaha. selesai beli oleholeh makan siang hari ini dirumah tante gw yang udh menyediakan menu spesial, menu andalan, menu wajib, yaitu PAPEDA! belom resmi dibilang udh ke Maluku kalo belom nyobain makanan satu ini. setelah makan siang, lansung cus lagi menuju Pasar Besi Putih. nyicipin gelang kaki yang ketagihan gw pake sampe skrg. belom resmi jadi anak timur kalo belom pake besi putih cooooy! hahaha. dari situ kita pun diajak sama tante2 gw kesatu pantai di Ternate. walau emang dibelakang rumah nenek gw udh pantai, tetep itu belom bisa disebut pantai soalnya kotor. jadinya kita mampir2 cantik dulu ke Pantai Sulamadaha subhanallah sekali pantai satu ini. walau pasirnya berwarna hitam dan halus, tapi tidak sehalus Selong Belanak, tapi ombaknya besar, dan disini lah part paling seru-nya sama sudara2. bener2 gak pengen pulaaaang rasanyaaaa....
sebelum pulang nyobain air guraka dulu disini.
pulangnya, gw kembali ke Skep, dan mendapatkan berita sangat membahagiakan dari Garuda, iyappppppppppppp, besok yang seharusnya gw pulang pesawat jam8 harus delay jadi jam12.20!!! langsung joget2 sambil duduk kesenengan karna delay. baru kali ini bahagaia karna delay.
terimakasih Garuda atas delay nya kemarin yah!
gw jadi bisa menginap satu malam di Skep. niatnya jam7 pagi berangkat lagi kerumah nenek tidak terlaksana, ya namanya juga orang Jakarta.... niat jam7 jalan malah baru bangun jam7 he he yaudah akhirnya jam8an diantar oleh sudara gw ke Siko lagi, naik motor, bener2 adem banget udaranya, sejuk, dingin lah itungannya!

sampe rumah nenek packing lagi. ngemil2 unyu dan gw udh mulai ngerasa enek sama pisang goreng ya pas disini. jam10 udh harus caw. pamit sana sini bikin sedih. selalu ada adegan perpisahan disetiap hallo yah! gausah dibawa galau cide. hak hak srius. ini dia part paling menyebalkan... dadah2an sama sudara...sama tante dan om...sama nenek! aaaakhhhhhhhhhhhhh

yasudah, intinya berkat delay kemarin acara pamit2an jadi bisa terencana dengan baik. gak kebayang juga sih kalo jam6 pagi harus pamit sana sini yah.
jam12.20 waktu sana, dan sampai Jakarta jam15.20 alias jam17.20 waktu sana. kalo jam2 segitu di Ternate lagi main2 ngeliatin sudara2 gw ngelucu nih...... yaampun. udah kangen aja kan nih!!!!

yaudahsi, intinya, pulang kampung kemarin benar2 menyengkan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!